BSMI Bertolak ke Mesir, Kembali Kirim Langsung Bantuan Untuk Gaza Palestina

by bsmi / 05 Jan, 2024

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) kembali mengirimkan tim untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Gaza Palestina, imbas dari agresi militer Israel. Ketua BSMI M Djazuli Ambari mengatakan, bantuan rencananya akan dikirm melalui Mesir. 

Djazuli mengatakan, saat ini dirinya bersama tim Aju BSMI tengah berada di Kairo Mesir da mengirimkan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan tenaga medis. Dia mengatakan, komunikasi dengan sejumlah mitra BSMI di Mesir sedang dilakukan agar bantuan bisa disalurkan tepat sasaran.

"Ini Bantuan tersebut akan menjadi bantuan tahap ke-7 yang disalurkan selama perang,” ucap Djazuli di Kairo, Kamis (4/1/2024). 

Djazuli menjelaskan, BSMI akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Bulan Sabit Merah Mesir,  Bulan Sabit Merah Palestina, hingga Kementerian Kesehatan Gaza. Koordinasi dengan Kementerian Kesehatan Gaza dilakukan melalui perwakilan mereka di Kairo. 

"Koordinasi langsung diperlukan agar bantuan tepat sasaran,”ujar Djazuli. 

Dia  menjelaskan, BSMI akan menyalurkan bantuan berupa ambulans, obat-obatan, beserta alat kesehatan.  Tak hanya itu, Djazuli mengatakan, pihaknya bakal menjajaki keungkinan pengiriman dokter spesialis guna membantu masyarakat Palestina yang menjadi korban perang. 

"Upaya BSMI untuk menyalurkan bantuan langsung merupakan komitmen perhimpunan kemanusiaan tersebut terhadap masyarakat Palestina,” tegas dia.

Djazuli mengatakan, BSMI sebelumnya sudah mengirimkan enam tahap bantuan untuk masyarakat Palestina sebanyak lima kali selama agresi militer Israel berlangsung di Gaza.

Bantuan yang disalurkan berupa obat-obatan, alat kesehatan dan kebutuhan operational ambulans untuk penggunaan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan perawatan luka serta kebutuhan-kebutuhan pasien lainnya. 

Tak hanya itu, BSMI yang juga menggandeng mitra organisasi kemanusiaan di Mesir dan Palestina, telah  menyalurkan bantuan berupa makanan dan air minum untuk warga Gaza. 

Mohon doa kapada masyarakat Indonesia agar misi kemanusiaan kali ini bisa berjalan lancar dan amanah bantuan dari masyarakat Indonesia untuk warga Gaza bisa disalurkan tepat sasaran,”  Djazuli menandaskan.