BSMI Adakan Pelayanan Kesehatan untuk Warga Terdampak Banjir Serang
by bsmi / 20 Oct, 2022

Serang – Bencana banjir yang terjadi di Kota Serang 1 Maret lalu, membawa dampak yang cukup parah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bencana banjir ini menyebabkan kerugian material dan non material yang sangat berdampak pada kehidupan masyarakat.
Mulai dari harta benda yang raib masyarakatpun mengeluhkan kesehatan mereka yang mulai menurun, banyak yang mulai menderita sakit namun belum mampu datang ke fasilitas kesehatan untuk berobat. Sebagai lembaga kemanusiaan, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang fokus di bidang kesehatan dan sosial bergerak memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada warga yang terkena bencana banjir dalam 3 hari terakhir ini (3/3/22).
“Kami sebagai lembaga kemanusiaan yang mempunyai relawan medis ingin berkontribusi dalam membantu masyarakat untuk memberikan pelayanan ini, mohon doanya agar kami terus peduli dan istiqomah," ujar Cahyo, Ketua BSMI Kota Serang.
Cahyo mengatakan, layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini bersinergi dengan Apoteker Tanggap Bencana, Yatim Mandiri Banten dan beberapa lembaga lain termasuk pembagian makanan siap santap, makanan ringan, air mineral, frozen food, beras, mie instant, susu, peralatan masak, peralatan kebersihan, perlengkapan sholat, kebutuhan bayi, bahan makanan dan obat-obatan atas dukungan dari para donatur.
"Pelayanan BSMI sangat bagus, adakan lagi pelayanan serupa," komentar Bu Via sambil acungkan jempol kepada tim Media BSMI, Nurkalim di lokasi pelayanan kesehatan kemarin.
Pada pelayanan kesehatan kali ini, tim relawan melakukan pelayanan kesehatan di 3 titik banjir di Kecamatan Kasemen, dengan lokasi satu titik di Perumahan Angsoka 2 dan dua titik di Kelurahan Kasunyatan.
Layanan kesehatan yang dilakukan di Perumahan Angsoka 2 dengan 2 orang dokter, 1 orang paramedis, 5 orang apoteker dan 3 orang non medis ini dimulai pada pukul 15.30 WIB hinggal pukul 17.00 WIB dengan pasien berjumlah 110 orang, sebagian besar pasien mengeluhkan gatal-gatal di seluruh tubuh terutama di kaku, demam, pusing dan batuk pilek, selain itu pula banyak yang mengeluhkan pegal-pegal di badan karena aktivitas membersihkan rumah dari lumpur dan puing akibat banjir. Alhamdulillah total pasien yang terlayani sejumlah 266 pasien di Angsoka dan Kenari.
"Pelayanannya bagus, nanti kesini lagi ya," ungkap Via, salah satu pasien yang berobat.
Selain mendapatkan layanan kesehatan, pasien yang selesai berobat mendapatkan nasi kotak dari tim relawan BSMI bersinergi dengan Apoteker Tanggap Bencana, Yatim Mandiri Banten dan beberapa lembaga lain termasuk pembagian makanan siap santap, makanan ringan, air mineral, frozen food, beras, mie instant, susu, peralatan masak, perlengkangkapan sholat, kebutuhan bayi, bahan makanan dan obat-obatan atas dukungan dari para donatur.
“Terima kasih atas bantuannya dari BSMI dan RS Krakatau Medika Cilegon, semoga dilimpahkan rizqinya dan sehat selalu, tetap semangat menebar kebaikan," ujar Mia, warga Link. Magersari, RT 02 RW 05, Kelurahan Kota Baru, Kec. Serang Kota Serang saat menerima kiriman paket nasi box siap santap dan air mineral dalam kemasan kemarin.